JAKARTA – Hindari penyelewangan dan kesalahan-kesalahan pada pelaporan kecelakaankerja, BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Cilandak terus sosialisasikan prosedur pusat layanan kecelakaan kerja untuk rumah sakit, klinik dan puskesmas.

“Kegiatan ini hal yang bagus karena sangat positif ntuk menambah pengetahuan terkait prosedur pelayanan kecelakaan kerja dan forum ini juga untuk meeningkatkan silaturahmi antara BPJS ketenagakerjaan  dan pusat layanan kecelakaan kerja,” jelas Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Cilandak, Panji wibisana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/11/2018)

Sosialisasi prosedur pusat layanan kecelakaan kerja untuk rumah sakit,  klinik, dan puskesmas yang terakhir baru saja dilaksanakan Rumah Sakit Mayapada Lebak bulus, Jalan Lebak bulus 1 kav 29 Jakarta Selatan.

Acara tersebut, lanjutnya, dihadiri dr Benny Tumbelaka Sp.Ot MARS  selakuDirekturMayapada Hospitals LebakBulus, dan 30 mitra Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK).

“Dalam kesempatan ini saya mengharapkan nantinya kedepan antara BPJS Ketenagakerjaan dan mitra terus meningkatkan tatakelola yang baik sehingga segala sesuatunya baik administratif maupun lainnya sudah benar prosedur yang dijalankan,” kata Panji.

Menurutnya,  perlindungan yang kami (BPJS Ketenagakerjaan) berikan dimulai dari satu langkah keluar rumah hingga pulang kembali kerumah.

“Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang sedang menjalankan dinas luar kota ataupun dinas dalam kota,” jelas Panji Wibisana. “Pasien yang tertimpa kecelakaan kerja dilindungi sampai sembuh dan kembali bekerja serta biaya pengobatan ditanggung BPJS ketenagakerjaan unlimited alias tanpa batasan.”

Dr. Benny Tumbelaka selaku Direktur Utama RS Mayapada Lebak bulus menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Ia mengatakan sekarang ini Mayapada Hospitals Lebak Bulus menangani pasien kasus kecelakaan kerja sebanyak 62 orang.

“Alhamdulillah kami maupun pasien merasa sangat puas dengan adanya program perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata dr.Benny.

Ia menambahkan, karyawan juga merasa nyaman dan aman dilindungi dengan BPJS ketenagakerjaan. Pelayanan yang diberikan tidak ada perbedaan sedikitpun antarapasien yang menggunakan manfaat BPJS ketenagakerjaan dengan pasien umum lainnya.

“Pelayanan yang kami berikan semaksimal mungkin kepada seluruh pasien tanpa membedakan dari segi apapun,” ungkap dr. Benny

BPJS  Ketenagakerjaan saat ini  mempunyai 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Pensiun.(tri)