DEPOK – Seorang pria paruh baya di Bojonggede, KI alias Kiki,53, berkedok sebagai biro jasa diamankan anggota buser Polresta Depok di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Kota Depok, Jumat (9/11/2018) pagi. Petugas mengamankan barang bukti hasil penipuan korban berupa puluhan BPKB, belasan lembar STNK, dan tanda terima pengurusan STNK.

Kasat Reskrim Polresta Depok, Kompol Dedy Kurniawan mengatakan tersangka diamankan anggota buser dipimpin Kanit Buser Polresta Depok Iptu Suparno setelah mendapatkan laporan sejumlah korban yang telah ditipu pelaku dengan modus bisa melakukan mutasi BPKB mobil.

“Pelaku berprofesi sebagai biro jasa mengaku bisa mengurus pajak kendaraan mobil dan ganti plat, setelah korban menyerahkan uang ternyata tidak juga dibayarkan,”ujar Kompol Deddy didampingi PLH Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus saat dikonfirmasi.

Mantan Kapolsek Serpong ini mengaku dari penyelidikan petugas penipuan yang telah dilakukan oleh pelaku sudah 30 orang.

“Dalam aksinya pelaku tidak hanya bermain di Depok namun di sejumlah kota-kota lainnya juga seperti Bogor, dan Jakarta Timur juga pernah dilakukannya sampai korban ada 30 orang dengab total nilai kerugian mencapai Rp. 70 juta,”ucap perwira jebolan Akpol 2005 ini.

Uang hasil kejahatan yang didapatkan pelaku, lanjut Kompol Deddy dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Untuk barang bukti anggota menyita sebanyak 30 BPKB, 15 lembar STNK rata-rata semuanya asli, serta tiga lembar tanda terima uang pengurusan STNK milik para korbannya,”tutupnya. “Tersangka kita kenakan Pasal 378 dan 382 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman pidana diatas lima tahun.” (Angga/b)