INDRAMAYU –  Puluhan tumpeng dikumpulkan dalam upacara adat sedekah bumi yang dirutin digelar oleh masyarakat dan Pemerintahan Desa Karanganyar di  Blok Cilet, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sedekah Bumi ini, biasanya dilaksanakan setiap tahunnya  menjelang awal musim tanam padi atau biasa disebut ‘Musim Tanam Rendeng’.  Mengumpulkan tumpeng lengkap dengan sayur, lauk dan buah-buahan ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam upacara ini.

Tahun ini, upacara dihadiri Camat Kandanghaur Iim Nurohim beserta  jajaran Staf  Kantor Kecamatan Kandanghaur,  termasuk Kades Karanganyar Warnoto, SE bersama Perangkat Desa, para Ketua RT dan Ketua RW.

“Kami bersyukur karena Sedekah Bumi yang merupakan acara  acara syukuran masyarakat ini berlangsung lancar. Selama saya masih menjadi Bekel di  Blok Cilet. Upacara Adat Sedekah Bumi akan terus kita lestarikan karena ini merupakan keinginan masyarakat terutama para petani,”  kata Ketua Panitia Sedekah Bumi Blok Cilet, Carmin.

Ia berharap masyarakat Blok Cilet,  khususnya para petani padi dan petani garam agar meningkatkan kualitas bertani ke depan. “Semoga  dengan diadakannya upacara Sedekah Bumi  ini menjadikan  awal tanam padi lebih baik  ke depanya dan dijauhkan dari bala atau  musibah. Kami selaku panitia Sedekah Bumi  Blok Cilet Desa Karanganyar mengharapkan para petani  agar lebih kompak saat awal tanam padi,” ujarnya. (taryani/mb)