PURWAKARTA – Dubes Findlandia Jari Sinkari didampingi Executive Vice President of Finlandia University Pasi Kaskinen, melakukan kunjungan ke Kabupaten Purwakarta, kemarin. Kedatangannya guna menindaklanjuti kerja sama pada program peningkatkan mutu pendidikan.

Rombongan dari Findlandia tersebut diterima langsung Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta H Aming di Gedung Janaka, Kantor Pemkab Purwakarta.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika mengatakan, kerja sama yang dibangun adalah kolaborasi pendidikan berkarakter di Purwakarta dengan pendidikan di Finlandia yang saat ini dikenal memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

“Alhamdulillah, kini para penggiat pendidikan di Purwakarta bisa belajar langsung kepada Findlandia. Dalam segi pendidkan, Finlandia diakui memiliki sistem terbaik di dunia. Pemerintah daerah berupaya menghadirkan dan melakukan kerja sama ini,” ujar Anne.

Kerja sama tersebut dilakukan untuk membangun kualitas pendidikan di Purwakarta. “Finlandia membuka diri untuk bersinegri dengan konsep pendidikan di Purwakarta. nanti ada kolaborasi pendidikan di Purwakarta dengan Finlandia,” ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari mengaku memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia pendidikan. Hal ini dilatarbelakangi kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai guru.

Jari menjelaskan, kultur di Finlandia dipengaruhi sejarah dan cerita rakyat yang berkembang di negaranya itu. Di mana kalau di negara lain tokoh pahlawannya merupakan seorang Kesatria, namun di Finlandia tokohnya seorang Wizard atau Penyihir Baik.

Karena itu pula, lanjut Jari, masyarakat Finlandia lebih memilih menggunakan kata-kata dibandingkan pedang atau dalam ungkapan Bahasa Inggris Better Word Than Sword.

“Pada tahun 1800, Finlandia sebagai negara agrikultur yang miskin dan menderita karena perang. Sekarang negara saya sangat maju utamanya pendidikan,” kata Jari.

Yang terjadi selama 100 tahun terakhir di Finlandia merupakan pembangunan investasi pendidikan besar-besaran. “Sehingga prospek jangka panjang bisa dirasakan saat ini,” pungkasnya. (dadan/win)