JAKARTA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan, melakukan tabur bunga bersama beberapa pejabat militer, pejabat sipil dan pejuang veteran dalam rangka memperingati hari Pahlawan dengan KRI (Kapal Republik Indonesia) Banda Aceh-593, di perairan teluk Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Upacara dimulai dengan pelepasan karangan bunga ke laut setelah mengheningkan cipta selesai. Sedangkan prosesi tabur bunga, dilaksanakan setelah upacara selesai yang dilakukan oleh peserta upacara mulai dari inspektur upacara, yang selanjutnya diikuti oleh pejabat militer, pejabat sipil maupun perwakilan veteran.

Bertindak sebagai komandan upacara kali ini adalah Letkol Marinir Ahmad Hadi Alhasny, yang sehari-hari sebagai Komandan Yonmarhanlan III sedangkan nakhoda kapal KRI adalah Komandan KRI (Kapal Republik Indonesia) Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Ali Setiady.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan yang bertindak sebagai Inspektur upacara, mengajak masyarakat untuk menghargai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsa Indonesia.

Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata dan tali asih oleh Ketua MPR kepada, Irjen Kemensos Bpk Dadang Iskandar, Asops Kasal Laksamana Muda Didi Setiono, SE.M.M dan Komandan Lantamal III Jkt Laksamana Pertama Denih Hendrata, SE.M.M  kepada ahli waris pelaku sejarah KRI Macan Tutul seperti Ny. Asmitar Machfoed, Ny. Sri Rahmani, Ny. Basilah Abdulah dan Ny. Mariatun Bindosono.

Upacara tabur bunga tahun 2018 ini, bertema “Pahlawan Di Dadaku”  dan diharapkan bukan hanya slogan semata, tetapi yang lebih penting adalah lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir pada acara tersebut pejabat dari Kemensos, pejabat militer, veteran, dan perwakilan dari instansi pemerintah serta pelajar. (*/mb)