JAKARTA – Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin berharap masyarakat Indonesia saat ini tertular semangat pahlawan untuk membela tanah air dari gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

“Semangat pahlawan itu harus kita hidupkan dikalangan masyarakat untuk membela bangsa dan negara,” katanya di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi No 46, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Mantan Rais Aam PBNU itu juga mengingatkan, agar rakyat Indonesia mewaspadai upaya memecah belah bangsa. Selain itu, Ma’ruf juga menilai terdapat upaya-upaya membuat stabilitas negara menjadi kacau. Melalui semangat Hari Pahlawan, Dia berharap masyarakat bersatu melawan upaya memecah belah bangsa.

“Kita harus mengawal negara ini dari usaha usaha memecah belah dan ingin juga membuat negara ini kacau oleh karena itu kita harus hadir sebagai pahlawan untuk mengawal negara dalam keutuhan,” tegas Ma’ruf.

Diketahui, polarisasi menguat sejalan memasuki tahun politik 2019. Masyarakat terbelah sesuai pandangan politiknya sehingga tidak jarang menimbulkan gesekan antarwarga. Suhu politik diyakini semakin memanas hingga penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif pada April 2019 mendatang. (ikbal/mb)