VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia, Megawati Soekarnoputri menerima penganugerahan Lifetime Achievement Bhakti Teratai Putera Indonesia dari Purna Paskibraka Indonesia. Mendapatkan gelar tersebut, Megawati merasa sangat tersanjung.

"Terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, dan juga untuk pertama kalinya ini, saya ini terlalu dipuja mau diberikan Bakti Teratai Putra Indonesia," kata Megawati di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam 10 November 2018.

Acara penganugerahan tersebut dihadiri para purna paskibra sejak dekade 1960-an sampai Paskibra 2017. Kepada mereka Megawati berpesan agar senantiasa bersama menjaga bendera Merah Putih.

Putri Proklamator Bung Karno itu menegaskan jangan sampai ada pihak-pihak yang mengganti bendera Merah Putih dengan bendera lain. Karena bendera Merah Putih memiliki makna yang luar biasa dalam kemerdekaan di Tanah Air.

Megawati pun berharap, dari berkumpulnya para Purna Paskibraka dapat menghidupkan kembali semangat untuk menjaga Merah Putih.

"Jadi apa sih maksudnya kita kumpul hari ini, Apakah hanya untuk bernostalgia? Hanya untuk reuni? Yang saya harapkan saat kita berkumpul mulai malam ini, itu kembali roh kita untuk mempertahankan merah putih kita," ujarnya. (ren)