Jakarta - Valentino Rossi bakal bersaing dengan dua anak didiknya, Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia, di musim 2019. Bagaimana karakter keduanya?

Musim 2019 akan menjadi musim yang punya kesan tersendiri untuk Rossi. Sebab dia bakal satu lintasan dengan dua anak didiknya di VR46, Morbidelli dan Bagnaia.

Morbidelli sebenarnya musim lalu sudah di MotoGP bersama tim Marc VDS, menunggangi mesin Honda. Tapi musim ini dia hijrah ke Yamaha dan memperkuat tim Petronas.

Morbidelli diyakini bakal tampil lebih tangguh, sebagaimana yang ditunjukkannya di dua tes pramusim. Dia finis keenam baik di Valencia dan Jerez.

Sedangkan Bagnaia yang akrab dipanggil Pecco, dua musim terakhir membalap dengan tim Sky VR46 milik Rossi di Moto2. Bagnaia berhasil jadi juara dunia di musim 2018 kemarin, sementara finis kelima di tahun pertamanya di kelas tersebut.

Keduanya jelas tak asing untuk Rossi. Meski tak bisa menebak mana yang akan lebih cepat untuk musim 2019 nanti, Rossi menggambarkan perbedaan karakter keduanya.

"Keduanya pebalap yang sangat bagus, sebagaimana yang sudah mereka tunjukkan. Bagnaia itu lebih bertalenta, dalam hal kemampuan alami," ujar Rossi dikutip Autosport.

"Tapi di saat yang sama, Morbidelli itu lebih tangguh, lebih sulit dikalahkan. Morbidelli bekerja keras dan lebih agresif."

"Saya tak tahu yang mana yang akan lebih kencang. Tapi tahun depan mereka akan punya motor yang mirip dalam hal performa, jadi akan menarik untuk melihat mereka," imbuhnya.

(raw/rin)