KATA orang bijak, penganggur itu menjadi bantalnya setan. Mugiyo, 47, warga Sidoarjo (Jatim) telah membuktikannya. Gara-gara dia lama nganggur, istri ngomel melulu. Mugiyo jadi emosi, apa lagi ada kabar istrinya punya PIL. Maka sekali getok kepala dengan palu, tewaslah Masinah, 40, istrinya.

Kenapa orang bijak sering mengingatkan, pengangguran bisa jadi bantalnya setan. Memangnya setan punya rasa ngantuk dan capek, sehingga perlu alas kepala untuk tidur? Apa setan hobi nonton wayang semalam suntuk? Jelas bukan itu maknanya. Yang dimaksudkan adalah, dalam kondisi menganggur orang jadi suka berpikiran ngelantur, sampai kemudian muncul tindakan yang di luar dugaan akal sehat.

Dalam usia menjelang kepala lima, kehidupan rumahtangga Mugiyo-Masinah sebetulnya baik-baik saja. Tapi sejak tiga bulan lalu tiba-tiba Mugiyo kehilangan pekerjaan karena terjadi PHK di kantornya. Uang pesangon yang tak seberapa, menjadikan uang itu tak bisa berlama-lama untuk menghidupi keluarga.

Yang bikin Masinah dongkol, dalam kondisi tak punya penghasilan Mugiyo maunya makan selalu enak, dan rokok mahal . Berulang kali istrinya menegur untuk cari kerja lagi, tapi dijawab susah jika tak ada koneksi. “Kamu sendiri kan sudah emak-emak, ngelamar jadi timses Capres pasti diterima,” sindir Mugiyo.

Demikianlah, setiap hari bawaannya suami istri ini bertengkar terus. Yang tambah Mugiyo dongkol, hampir setiap malam ada lelaki yang mengetuk pintu rumahnya, lalu Masinah keluar pergi bersama lelaki itu. Kalau bukan rekanan selingkuh, mau ke mana saja mereka, hayo!

Tapi Masinah menampik tuduan suaminya. Jelek-jelek begini sebagai istri mengaku masih mampu menjaga aset. Tapi entah nanti-nanti, jika suami terus menikmati kepenganggurannya. Aset bisa saja lepas dan diakuisi pihak ketiga. Nah, kata-kata ini yang bikin Mugiyo kalap.

Sedikit kata-kata itu, tapi sengak didengar. Maka tanpa pikir panjang lagi, sebatang palu yang ada di dekatnya langsung disambar dan dihantamkan ke kepala Masinah, pletakkkk! Hanya sekali diayunkan, langsung Masinah roboh, kepala benjol segede bakpao isi kacang ijo.

Ternyara itu bukan sekedar pingsan, tapi mati permanen. Gegerlah warga . Sementara jenasah Masinah dilarikan ke RS untuk visum, Mugiyo sendiri jadi urusan polisi.

Benar kan, orang nganggur jadi bantalnya setan. (*/Gunarso TS)