JAKARTA  –  Di medsos, ada video viral yang verisi gambar pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno melangkahi makam KH Bisri Syansuri, Pihak Timses Prabowo-Sabdi menjelaskan, tidak ada niat melecehkan ulama KH Bisri Syansuri ketika berziarah dan tabur bunga di makam tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU)  tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menanggapi viralnya video Prabowo-Sandi yang melangkahi makam KH. Bisri Syansuri saat melakukan tabur bunga di kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

“Saya rasa nggak ada ya (niat) Pak Prabowo dan Bang Sandi ingin melangkahi makam pendiri NU ya,” kata Andre kepada poskotanews.com, Sabtu (10/11/2018).

Andre justru menuding ada oknum yang sengaja mencari-cari kesalahan Prabowo-Sandiaga kemudian menyebarkan melalui rekaman video maupun berita negatif.

“Ini kan hanya orang-orang yang ingin mencari salah ya, setiap hari ada saja video Pak Prabowo dicari-cari salah mulai dari Tampang Boyolali, kemudian melangkahi (makam), terus Pancasila (insiden salah sebut sila ke-empat), jadi terlihat terkesan mereka tidak mau lagi terlibat dalam substansi ekonomi, yang ada isu personal terus ya susah,” ungkap dia.

Bahkan, Andre juga menduga ada keterlibatan kubu pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH. Ma’ruf Amin dalam penyebaran berita-berita negatif Prabowo-Sandi. Untuk itu, dia pun enggan menanggapi lebih jauh.

“Ya memang begitu (dugaan permainan kubu Jokowi-Ma’ruf) karena mereka tidak sanggup berdebat soal ekonomi, kedua mereka panik survei Pak Jokowi stag hanya 42 persen nggak naik-naik sudah setahun dari Oktober 2017 hingga Oktober 2018, sehingga begitulah cara mainnya, sudah nggak menarik,” pungkas Andre.

Seperti diketahui, belakangan viral di media sosial (medsos) aksi dari Prabowo-Sandiaga yang melangkahi makam yang disebut sebagai makam tokoh pendiri NU KH. Bisri Syansuri.

Salah satu video di posting oleh Akun Tweetter @ana_khoz pada 8 November 2018 dan telah ditonton 18 ribu warganet dengan beragam komentar negatif ditujukan kepada Prabowo-Sandiaga.

‘Kalau tidak pernah ziarah makam, jangan dipaksakan… Makam Pendiri NU KH. Bisri Syansuri di langkahi #MendadakUstad Bagi Warga NU adab saat para alim ulama saat masih hidup tidak berubah sekalipun sudah wafat #SSantriPostIslamisme’ tulis akun tersebut.

Dalam video terlihat Prabowo dan Sandiaga yang sama-sama mengenakan baju koko putih tengah berziarah di makam tokoh ulama NU. Terlihat ada dua makam yang hendak ditabur bunga oleh pasangan capres cawapres nomor urut 02 tersebut.

Namun, ketika hendak berpindah makam Sandiaga yang mengenakan peci hitam dan sarung hijau justru melangkahi makam yang telah dia tabur bunga. Sedangkan Prabowo yang mengenakan celana panjang ikut melangkahi makam meski hanya sedikit atau bagian ujung. (Yendhi/win)