Jakarta - Mantan Presiden Real Madrid Ramon Calderon bicara soal penyebab kepergian Zinedine Zidane. Perselisihan dengan Florentino Perez soal Cristiano Ronaldo jadi pemicunya.

Musim ini Madrid kehilangan dua sosok yang membawa mereka meraih kejayaan dalam tiga tahun terakhir. Zidane dan Ronaldo pergi dari Santiago Bernabeu pada musim panas 2018.

Zidane meletakkan jabatannya sebagai pelatih Madrid pada 31 Mei 2018, lima hari usai memenangi final Liga Champions. Juli 2018, giliran Ronaldo yang hengkang ke Juventus.


Kepergian dua sosok ini langsung terasa imbasnya. Los Blancos kini terseok-seok di Liga Spanyol dengan menempati peringkat kelima. Pergantian pelatih dari Julen Lopetegui ke Santiago Solari belum berdampak besar.

Calderon menyebut bahwa ada perbedaan pandangan yang muncul antara Perez dan Zidane ketika bicara soal rencana untuk musim ini. Zidane ingin mempertahankan Ronaldo dan melepas Bale, sedangkan Perez justru sebaliknya. Hal itu lah yang kemudian memicu Zidane pergi dari Madrid.

"Dia (Zidane) bersikeras mempertahankan Cristiano Ronaldo dan menjual Gareth Bale. Tapi Florentino Perez melakukan yang sebaliknya," kata Calderon dilansir dari Express.

"Zidane juga ingin mendatangkan beberapa pemain dan menjual pemain lain selain Bale tetapi dia tidak mendapatkan keinginannya tersebut, jadi dia memutuskan untuk pergi. Dan dia benar," ujarnya menambahkan.


(nds/raw)