Sao Paulo - Mercedes GP sudah mengantarkan Lewis Hamilton jadi juara dunia F1 2018. Kini saatnya Mercedes mengunci gelar juara dunia konstruktor.

Hamilton jadi juara dunia meski cuma finis keempat di GP Meksiko pekan lalu. Dengan dua balapan tersisa, keunggulan 64 poin Hamilton tak mungkin lagi terkejar Sebastian Vettel di dua balapan tersisa.

Bagi Hamilton makin menegaskan dominasinya musim ini yang meraih sembilan kemenangan dari 19 seri berlalu atau nyaris seperempatnya. Dominan atas Vettel, kini Hamilton punya misi lainnya di sisa musim ini.

Hamilton juga ingin mengunci gelar juara dunia konstruktor di mana Mercedes kini memimpin klasemen dengan 585 poin, unggul 55 angka dari Ferrari di posisi kedua. Pada balapan akhir pekan ini di Sao Paulo, Brasil, Mercedes wajib meraih 43 poin jika ingin mengunci gelar juara.

Sementara, Ferrari butuh mencetak 13 poin lebih banyak ketimbang Mercedes di Brasil nanti untuk menahan pesta Mercedes setidaknya hingga seri terakhir di Abu Dhabi 25 November.

Jika berhasil jadi juara dunia konstruktor, maka ini adalah gelar ganda kelima beruntun Mercedes sekaligus menyamai rekor Ferrari.




"Saya sangat ingin meraih gelar juara dunia konstruktor untuk tim ini. Ini begitu berarti untuk tim," ujar Hamilton kepada Sky F1.

"Tujuan utama saya sekarang adalah mencoba memenangi dua balapan terakhir dan memberikan gelar juara untuk mereka," sambungnya.

Namun catatan mengatakan bahwa dalam dua balapan terakhir, Ferrari justru mengungguli Mercedes yakni margin 12 poin di Austin dan 11 poin di Meksiko. Bagaimana di Sao Paulo besok?

(mrp/mrp)