JAKARTA – Pergelaran drama kolosal Surabaya Membara, di Jalan Pahlawan, Surabaya membawa korban tiga orang meninggal tersamar kereta. Mereka adalah penonton yang menyaksikan dari atas viaduk (jembatan kereta api), tersambar KA dan jatuh hingga tewas.

Pergelaran pada Jumat (9/11/2018) dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Peristiwa tersambarnya penonton tersebut terjadi sebelum pergelaran dialakukan.

Saat mereka akan menonton dari atas, yakni di atas jembatan KA yang berada di depan Kantor Gubernur Jatim, tiba-tiba ada beberapa warga terjatuh. Konon lebih dari lima orang yang terjatuh, dari ketinggian 5 meter.

Ada lebih dari 5 warga yang terjatuh. Warga lain yang sedang menonton dan petugas segera mengerumuni mereka yang tergeletak di aspal jalan. Pertolongan segera dilakukan. Warga yang menjadi korban segera dilarikan ke rumah sakit.

Seorang penonton sempat merekam kejadian jatuhnya beberapa penonton dari atas viaduk. Video tersebut menyebar di grup watshapp kalangan wartawan. Dalam video yang direkam sekitar pukul 20.00 WIB tersebut, tampak kereta api melintas dengan kecepatan rendah.

Sementara banyak penonton teater berjajar tepat di dekat kereta yang melintas. Di tengah kereta berjalan beberapa orang terjatuh. Penonton pun sontak menjerit.

Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya AKP Antara belum bisa menjelaskan detil peristiwa tersebut karena anggotanya masih di lapangan untuk melakukan pendataan.

Di lokasi kejadian, sejumlah petugas dari polisi, PT KAI dan Linmas Kota Surabaya. Informasi yang beredar, masih ada satu jenazah korban yang belum diangkat. Pagelaran teater Surabaya Membara adalah tontonan rutin setiap tahun untuk warga Surabaya untuk menyambut Hari Pahlawan 10 November. (*/win)